Sabtu, 18 Juli 2015

Wisata Arung Jeram Songa | Songa-Arung Jeram Probolinggo

Wisata Arung Jeram Songa | Songa-Arung Jeram Probolinggo

Songa Arung Jeram atau yang biasa disebut dengan Songa Adventure merupakan wisata alam dengan genre petualangan atau adventure dalam bentuk wisata Arung Jeram yang terletak di Kabupaten Probolinggo. wisata Songa Arung Jeram ini terletak di desa Ranu Gedang, kecamatan Tiris, kabupaten Probolinggo, propinsi Jawa Timur. Dengan bermedankan sungai Pekalen Probolinggo yang memiliki arus yang lumayan deras, secara perlahan wisata ini mulai menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Songa Rafting | Songa-Arung Jeram Probolinggo merupakan salah satu andalan daripada pariwisata yang ada di kabupaten Probolinggo, setelah Wisata Gunung Bromo yang terkenal dengan wisata sunrise dan kawah Bromonya. Pemerintah setempat berusaha untuk memperbaiki sarana dan prasarana demi perbaikan ekonomi masyarakat setempat dengan selalu memantau dan mengawasi salah satu aset pemerintah yang konon pernah disinggahi oleh Raja Majapahit Prabu Hayam Wuruk dan Patihnya yang setia yaitu Gajah Mada ini.

Salah satu ikon pariwisata kabupaten Probolinggo ini bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter serta kedalaman air kurang lebih 1-3 meter. Dan merupakan salah satu wisata rafting yang paling menantang di jajaran tempat wisata di Jawa Timur

Informasi Songa Rafting Adventure, Wisata Populer Jawa Timur

Arung Jeram di Songa Probolinggo-Sebelum berangkat peserta akan diberi penjelasan singkat tentang cara berarung jeram. Disini peserta akan dikenalkan dengan beberapa istilah yang dipakai. Seperti “Maju” yang berarti mendayung maju, “Mundur” yang berarti mendayung mundur, “Stop” berarti berhenti mendayung, “Kiri Mundur” yang berarti pendayung kiri mendayung mundur dan pendayung kanan tetap mendayung maju, “Kanan Mundur” berarti pendayung kanan mendayung mundur dan pendayung kiri tetap mendayung maju, “Pindah Kiri/Kanan/Belakang” yang berarti peserta harus pindah duduk ke arah yang diperintahkan dan yang paling penting yaitu “Boom” yang berarti peserta harus duduk di lantai dalam perahu dan mengangkat dayungnya menghadap ke atas – ini dilakukan apabila melewati jeram yang sangat deras dengan dinding samping yang sangat sempit.
Untuk menuju ke Lokasi Arung Jeram Songa, peserta akan dinaikkan mobil pickup terbuka. Dengan posisi berdiri dapat menampung sekitar 12 orang dan harus berpegengan erat di pegangan pinggir mobil karena jalan yang dilalui lumayan menanjak naik turun. Sesudah turun dari mobil, peserta harus menyusuri jalan setapak yang lumayan jauh dan curam, sehingga stamina banyak terkuras disini.Inilah tantangannya!!
Start point dari pada  Arung Jeram Songa - Kabupaten Probolinggo ini berada di dusun Angin-angin, Desa Ranu Gedang. Di tengah-tengah perjalanan akan berhenti di Rest Area Kedung Adem-adem dimana peserta sekali lagi akan dijamu dengan minuman Poka, STMJ dan sajian pisang goreng. Sungguh pas dinikmati di tengah dinginnya deburan air sungai Pekalen. Finish point-nya terletak di Dusun Gembleng, Desa Pesawahan.
Selama perjalanan peserta akan disuguhi indahnya 7 air terjun (diantaranya bernama Air Terjun Angin-angin), goa-goa kelelawar dan struktur batuan alami. Sungguh menakjubkan air terjun yang ada disana. Masih begitu alami dan airnya masih begitu jernih dan segar. apalagi oleh guide-nya, peserta sengaja diberhentikan tepat di bawah derasnya guyuran air terjun. Dijamin semua peserta akan langsung dapat merasakan segar dan derasnya guyuran air terjunnya. Goa kelelawarnya pun masih begitu lengkap dengan ratusan kelelawar yang sekali-kali memekik dan beterbangan kesana-kemari. Bau anyir dari kelelawar dan kotorannya begitu terasa ketika melewati sana. Terdapat pula tempat untuk terjun bebas dari ketinggian sekitar 5 meter. Tempat yang pas untuk melepaskan ketegangan dan rasa penat Anda.

Demikian sekilas tentang Arung Jeram Songa - Songa Rafting Pekalen Probolinggo, semoga bisa dijadikan referensi untuk tujuan wisata anda ketika waktu liburan ana tiba. Untuk informasi dan pemesanan paket wisata rafting Songa pekalen dan paket wisata lainnya, seperti: Paket Wisata Bromo Madakaripura, Paket Wisata Bromo Dan Kawah Ijen, Paket Wisata Bromo Midnight Tour, Paket Wisata Bromo Malang Batu dan Pilihan Paket Wisata Bromo lainnya, Silakan hubungi Agen Wisata Bromo atau langsung Contact Disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar